Sunday, February 04, 2018

Berbagai Jenis Mimpi yang Dialami Oleh Manusia


Jika ditanyakan apa itu mimpi, kebanyakan orang akan memikirkan tentang gambaran – gambaran yang didapat ketika tubuh sedang tertidur. Sebenarnya ada berbagai cara manusia untuk bermimpi, bahkan saat berada dalam kondisi mata terbuka sekalipun, seeseorang bisa mengalami mimpi. Jenis mimpi juga beragam, berikut ini adalah jenis mimpi yang mungkin sudah pernah kamu alami.


1. Melamum

Melamun pada dasarnya merupakan bagian dari jenis mimpi lho, BOSs, oleh karena itu dalam bahasa Inggris, melamun disebut daydreaming. Semasa hidup, rata – rata manusia menghabiskan 70 menit hingga 120 menit untuk melamun.

Saat melamun, manusia berada di antara kondisi kesadaran (consciousness) dan tertidur. Melamun terjadi karena kamu mengizinkan otak untuk berimajinasi sangat jauh hingga tingkat kesadaran kamu berkurang, terperangkap dalam fantasi.

Hayo ngaku siapa yang suka melamun karena pikiran jorok?


2. Lucid dream


Pernahkah kamu mengalami sebuah mimpi yang terasa sangat nyata, dimana kamu bisa mengontrol diri secara penuh dan mengambil keputusan atas hal yang akan kamu perbuat ketika masih bermimpi? Fenomena tersebut merupakan lucid dream.

Kebanyakan orang yang bermimpi membangunkan diri karena menyadari bahwa hal tersebut merupakan mimpi. Ada orang – orang yang mempelajari kemampuan untuk tetap tertidur selama berada dalam fase lucid dream.

Mereka dengan leluasa mengendalikan diri dalam mimpi, tanpa membangunkan diri mereka hingga ada yang membangunkan atau memilih untuk terjaga. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengendalikan diri agar masuk ke fase mimpi ini.


3. Mimpi buruk

Mimpi seperti dikejar oleh penjahat atau mahluk asing, jatuh dari ketinggian, dan sebagainya yang menimbulkan rasa cemas dan ketakutan saat terbangun merupakan jenis mimpi yang tidak kamu inginkan.

Mimpi buruk bisa menjadi respon otak atas trauma atau situasi yang pernah terjadi di kehidupan nyata.


Jenis mimpi ini juga terjadi karena kita cenderung mengabaikan hal – hal tertentu dalam kehidupan nyata. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang sering mengalami mimpi buruk memiliki riwayat anggota keluarga yang memiliki permasalahan pada kesehatan mental, pecandu narkoba, orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri, dan hubungan percintaan yang amburadul.

Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment