Tuesday, February 20, 2018

Terkuak, 5 Strategi Marketing Apple yang Bisa Dipelajari untuk Bisnis Anda!


Kunci keberhasilan Steve Jobs adalah kombinasi dari strategi marketing yang dirancangnya dengan sangat hati-hati. Nah, bila kamu pemilik sebuah bisnis, berikut adalah strategi sukses berbisnis ala Steve Jobs!

Meskipun tidak menyelesaikan strata pendidikannya, Steve Jobs berhasil membuktikan kesuksesannya lewat perusahaan Apple. Inovasi merupakan ciri khas pemikiran Steve Jobs. Ia menghasilkan produk yang selangkah lebih maju, yang tidak pernah terpikirkan oleh konsumennya dan juga kompetitornya.


Apabila anda adalah calon pemilik perusahaan atau sedang merintis sebuah bisnis, berikut adalah beberapa tips sukses strategi Marketing Apple yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda.


1. Fokus Pada Nilai Keunikan Dibanding Harga

Apple tidak pernah terjebak dalam persaingan harga, perusahaan ini selalu mempunyai cara sendiri untuk menentukan harga untuk setiap produknya. Mereka lebih berfokus untuk mengembangkan nilai keunikan produknya daripada menghabiskan waktu untuk menentukan harga suatu produk. Nilai keunikan tersebutlah yang menjadi kekuatan dibandingkan dengan kompetitor lain-nya.

2. Terus melakukan inovasi


Kunci dari semua yang dilakukan Apple adalah inovasi, inovasi inilah yang membuat Apple mampu bertahan dalam kondisi persaingan yang luar biasa ketat. Apple tidak pernah berhenti untuk selalu berinovasi, dengan terus meluncurkan produk-produk inovatif terbaru-nya. Dengan inovasi-nya telah membuat perusahaan raksasa teknologi ini selalu berada di baris terdepan dari kompetitor lainnya.

3. Strategi branding dalam pemasaran

Dengan logo serta nama perusahaan yang mudah diingat, Apple menanamkan ide bahwa barang-barang produksinya merupakan teknologi canggih yang mudah digunakan atau bisa dibilang user friendly. Kebalikan dari pemahaman umum bahwa semakin canggih suatu alat, maka semakin rumit pengoperasiannya.

4. Mendengarkan masukan dari pelanggan


Dengan hadirnya media sosial, pelanggan memiliki banyak cara untuk mengekspresikan opini mereka untuk produk-produk suatu perusahaan. Apple menyadari pentingnya hal itu dengan mengarahkan pengembangan produk sesuai dengan keinginan pelanggan. Setiap meluncurkan produk terbarunya maka akan diadakan seminar dan gathering untuk para pelanggannya.

5. Bangun Sebuah Pengalaman

Semua orang bisa membuat produk, namun tidak semuanya mampu menciptakan sebuah pengalaman bagi penggunanya. Dimana pengalaman tersebut mampu diingat dan membuat mereka dengan rela kembali pada bisnis Anda lagi. Dalam hal ini, Apple benar-benar menerapkan hal tersebut dengan sempurna.

Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment