Tuesday, July 03, 2018

Final Ideal Brasil versus Inggris?


Piala Dunia 2018 semakin mendekati puncaknya. Di antara tim-tim unggulan yang masih bertahan, akankah mereka bertemu di final dan menciptakan sebuah klimaks Piala Dunia?

Sebelumnya, mari tengok siapa-siapa saja tim unggulan Piala Dunia 2018 versi FIFA, yang dijadikan acuan dalam pengundian grup pada 1 Desember 2017.

Ke-32 tim peserta dibagi ke dalam empat kategori, yang diurutkan berdasarkan posisi terakhir mereka di daftar peringkat FIFA per bulan Oktober 2017.

POT 1POT 2POT 3POT 3
Rusia (tuan rumah)Spanyol (8)Denmark (19)Serbia (38)
Jerman (peringkat 1)Peru (10)Islandia (21)Nigeria (41)
Brasil (2)Swiss (11)Kosta Rika (22)Australia (43)
Portugal (3)Inggris (12)Swedia (25)Jepang (44)
Argentina (4)Kolombia (13)Tunisia (28)Maroko (48)
Belgia (5)Meksiko (16)Mesir (30)Panama (49)
Polandia (6)Uruguay (17)Senegal (32)Korea Selatan (62)
Prancis (7)Kroasia (18)Iran (34)Arab Saudi (63)


Nah, dari Pot 1 (bisa dibaca: unggulan teratas), Rusia, Brasil, Belgia, dan Prancis masih bertahan. Dari sini, hanya dua dari mereka yang berkesempatan tampil di babak final.

Brasil dan Belgia, misalnya, sudah akan berjumpa di perempatfinal. Dan mereka akan bertemu dengan Prancis di semifinal, apabila mampu mengalahkan Uruguay.

Kelebihan Brasil adalah, di setiap turnamen besar yang diikuti, mereka selalu jadi tim unggulan plus tim favorit. Alasannya simpel: mereka juara dunia lima kali dan selalu diperkuat pemain-pemain kelas dunia.

Rusia? Sang tuan rumah ada di jalur yang relatif lebih mudah untuk mencapai final, karena tim-tim pesaingnya adalah mereka yang di awal turnamen ada di Pot 2 dan 3.

Final Ideal Brasil versus Inggris?Foto: Sumber: Wikipedia

Meski demikian, di babak perempatfinal Rusia diperkirakan mendapat perlawanan sengit dari Kroasia, yang sejauh ini telah menjelma sebagai tim kuda hitam.

Di jalur ini, Inggris layak masuk kategori tim "favorit". Di atas kertas mereka bisa mengatasi Kolombia malam ini, dan akan berjumpa Swiss atau Swedia di babak semifinal. Dan lagi-lagi, Inggris mungkin akan lebih dijagokan ketimbang Swiss/Swedia.

Taruhlah Inggris lolos ke semifinal, mereka akan ditantang Rusia atau Kroasia. Di sini prediksinya akan lebih sulit. Ketiga kesebelasan memiliki plus-minus yang relatif berimbang.

Di mana-mana, tuan rumah pasti punya motivasi sekaligus modal ekstra untuk tampil di final. Hanya saja, dari sudut pandang "pasar", sepakbola Rusia tidaklah mentereng -- paling tidak, kalah mentereng dari (sepakbola) Inggris.

Maka, jika harus "menuruti selera pasar", maka final ideal adalah... Brasil versus Inggris. Tapi tenang saja, itu hanya terjadi kalau kita sudah tidak menghendaki lagi "kejutan-kejutan dalam sepakbola", atau teori klasik dalam permainan ini, bahwa "bola itu bundar". Maksudnya, semua tidak segampang yang diprediksi, apapun bisa terjadi.

Hanya Tuhan yang tahu.


Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment