Friday, August 17, 2018

Indonesia Punya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Apa Itu dan Bagaimana Fungsinya?


Sudah Ditunggu 20 Tahun lamanya, seperti apa dan bagaimana cara menggunakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)?

Beberapa bulan terakhir ini Bank Indonesia meluncurkan program barunya yakni Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Namun, sudahkah BOSs tahu mengenai GPN ini?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway merupakan sistem yang diciptakan Bank Indonesia untuk menselaraskan pembayaran, baik itu melalui kartu kredit dan debit, uang elektronik, dan Electronic Data Capture (EDC).




Mudahnya dengan GPN ini setiap nasabah perbankan mendapat keringanan biaya admin dalam melakukan transaksi secara online seperti transfer dan tarik tunai di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dilansir dari situs Bank Indonesia, khusus bagi penerima bantuan sosial pemerintah tidak dikenakan biaya pada saat melakukan pencairan financial. Selain penerima bantuan, bagi nasabah pada umunya yang menggunakan kartu berlogo GPN ini akan dikenakan biaya admin yang lebih murah dari rekening pada umumnya.

Misi besar dari lahirnya GPN bagi industri financial di Indonesia khusnya untuk perbankan, membantu dalam melakukan membagun ekosistem transasi keuangan yang lebih efisien, hemat, dan aman.

Sekarang sudah saatnya bagi BOSs mulai peduli dengan karya dalam negeri untuk mendukung sistem perekonomian yang lebih maju.

Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment