Tuesday, February 12, 2019

Jangan Kaget, Akan Ada VAR Mulai Babak 16 Besar Liga Champions




Menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada bulan Desember 2018, Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di babak 16 Liga Champions musim ini.

UEFA berhasil menjalankan uji teknologi dan pelatihan wasit selama beberapa bulan terakhir. Mulai sekarang VAR akan digunakan untuk semua pertandingan Liga Champions Eropa.

Sebelumnya VAR juga telah diperkenalkan di kompetisi tingkat domestik dan beberapa turnamen internasional.

Berikut adalah panduan singkat tentang bagaimana dan dalam situasi apa VAR akan digunakan di Liga Champions.


• Tim VAR terdiri dari:

1 Video Assistant Referee
1 Assistant Video Referee
2 Operator Video


Mereka akan ditempatkan di setiap stadion dan akan mendukung proses pengambilan keputusan wasit.

• Tim VAR akan terus-menerus memeriksa kesalahan yang jelas dan keputusan wasit di empat situasi yang bisa mengubah hasil pertandingan: Gol, insiden di area penalti, kartu merah, dan kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain (Mistaken identity).

• Tim VAR akan memeriksa semua situasi yang bisa mengubah hasil pertandingan, tapi hanya akan melakukan intervensi untuk kesalahan yang jelas. Wasit dapat menghentikan sementara permainan untuk meninjau keputusan VAR.

• Jika tinjauan VAR memberikan bukti jelas untuk kesalahan serius dalam salah satu situasi yang mengubah permainan, VAR kemudian dapat meminta wasit untuk melakukan tinjauan di lapangan (dengan melihat rekaman tayangan ulang). Keputusan akhir hanya bisa diambil oleh wasit.

• Untuk keputusan ‘faktual’ (misalnya offsides, pelanggaran di dalam atau luar area penalti), VAR dapat dengan mudah memberi tahu wasit tentang fakta-fakta itu dan wasit tak perlu meninjau ulang, tapi tetap wasit yang mengambil keputusan akhir.

• Proses peninjauan di lapangan akan dikomunikasikan di dalam stadion menggunakan layar stadion atau sistem pengumuman publik.


• Karena VAR sudah digunakan, tidak akan ada asisten wasit tambahan.



Ruang untuk tim VAR akan dibuat di tiap stadion yang menyelenggarakan pertandingan Liga Champions.

Selain itu, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan penggunaan VAR di final Liga Europa 2019, Final UEFA Nations League 2019 dan turnamen final Piala Eropa U-21 2019.

Seperti yang sudah diputuskan Komite Eksekutif UEFA dalam rapat di bulan September, VAR kemudian juga akan digunakan di Liga Champions UEFA 2019/20 (mulai dari fase play-off) dan di Piala Super UEFA 2019.

UEFA masih berencana untuk selanjutnya memperluas penggunaan VAR ke turnamen final Piala Eropa 2020, Liga Europa UEFA 2020/21 (dari babak penyisihan grup dan seterusnya) hingga UEFA Nations League 2021.


[Sumber: UEFA]

Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment