Thursday, December 13, 2018

16 Klub Pastikan Tiket Babak 16 Besar Liga Champions



Liga Inggris mengirim wakil terbanyak ke babak 16 besar Liga Champions dan diikuti oleh Liga Spanyol dan Liga Jerman.

Liga Champions merampungkan seluruh pertandingan fase grup pada Kamis (13/12/2018) dini hari WIB. Sebanyak 16 klub telah memastikan tiket babak 16 besar Liga Champions sedangkan delapan klub lainnya kebagian tiket 32 besar Liga Europa.

Inggris meloloskan empat wakilnya ke fase gugur Liga Champions yakni Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Sementara Liga Spanyol mengirim tiga wakil yakni Barcelona, Real Madrid dan Atletico. Satu wakil Spanyol Valencia terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.

Sama seperti Spanyol, Jerman juga mengirim tiga wakil ke babak 16 besar yakni Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Schalke. Hoffenheim satu-satunya wakil Bundesliga yang gagal mendapat jatah tiket ke fase berikutnya.

Prancis dan Italia menyusul di belakang Jerman dengan meloloskan dua wakilnya, yakni PSG, Lyon serta Juventus dan Roma. Monaco secara mengejutkan harus mengakhiri petualangan di kompetisi Eropa bahkan tak bisa pindah ke Liga Europa. Sementara dua wakil Italia Napoli dan Inter Milan hanya kebagian tiket fase gugur Liga Europa dari grup neraka.

Dua tiket sisanya terdistribusi ke wakil Liga Portugal, FC Porto, dan wakil Liga Belanda, Ajax Amsterdam.

Daftar klub yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions

Inggris: Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Tottenham Hotspur

Spanyol: Barcelona, Real Madrid dan Atletico

Jerman: Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Schalke

Prancis: PSG dan Lyon

Italia: Juventus dan Roma

Portugal: FC Porto


Belanda: Ajax Amsterdam





Hasil Fase Grup Liga Champions

Grup A

Lolos 16 Besar Liga Champions: Borussia Dortmund (juara grup), Atletico Madrid (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Club Brugge
Tersingkir: Monaco


Ada sedikit kejutan di Grup A Liga Champions. Monaco yang cukup konsisten di beberapa musim terakhir tak bisa berbuat banyak. Klub yang kini ditangani Thierry Henry mengakhiri fase grup sebagai juru kunci. Bukan hanya tak bisa bersaing dengan Borussia Dortmund dan Atletico Madrid, Monaco bahkan tak bisa berbuat banyak saat berhadapan dengan wakil Belgia, Club Brugge yang akhirnya mendapat jatah tiket 32 besar Liga Europa.

Dortmund yang punya poin sama dengan Atletico tampil sebagai juara grup. Pemimpin klasemen Bundesliga itu unggul dalam agregat gol head-to-head.

Grup B

Lolos 16 Besar Liga Champions: Barcelona (juara grup), Tottenham Hotspur (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Inter Milan
Tersingkir: PSV Eindhoven


Inter Milan gagal melewatkan kesempatan lolos ke 16 besar Liga Champions setelah gagal mengalahkan PSV Eindhoven di Giuseppe Meazza. Mereka bahkan tertinggal lebih dulu sebelum menyamakan kedudukan lewat Mauro Icardi. Gagal mendapatkan hasil lebih baik dari Tottenham Hotspur yang juga imbang lawan Barcelona membuat Inter harus puas dengan tiket babak 32 besar Liga Europa.

Grup C

Lolos 16 Besar Liga Champions: PSG (juara grup), Liverpool (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Napoli
Tersingkir: Red Star


Kemenangan di pertandingan terakhir lawan Napoli di Anfield menjadi penentu laju Liverpool ke babak 16 besar. Liverpool Mengumpulkan poin, selisih gol dan head-to-head berimbang dengan Napoli. Produktivitas gol memastikan Liverpool melaju dan Napoli kebagian tiket 32 besar Liga Europa.

Grup D

Lolos 16 Besar Liga Champions: FC Porto(juara grup), Schalke (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Galatasaray
Tersingkir: Lokomotiv Moskow


Grup D terbilang “empuk” karena tak ada klub elite yang masuk. FC Porto dan Schalke tak kesulitan untuk lolos dari grup ini. Porto bahkan menjadi pengumpul poin terbanyak di seluruh grup dengan 16 poin hasil lima kali menang, sekali imbang dan tanpa kekalahan. Sementara jatah tiket ke Liga Europa menjadi milik wakil Turki Galatasaray.

Grup E

Lolos 16 Besar Liga Champions: Bayern Munich (juara grup), Ajax Amsterdam (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Benfica
Tersingkir: AEK Athena


Bayern Munich yang awalnya sempat diprediksi tak akan kasulitan lolos dari Grup E sempat tersendat terutama karena perlawanan Ajax Amsterdam. Namun Bayern menunjukkan karakternya dan mengakhiri fase grup di puncak klasemen diikuti Ajax dan keduanya lolos ke babak 16 besar. Tiket babak 32 besar dimenangi wakil Portigal, Benfica.

AEK Athens tersingkir setelah terdampar di dasar klasemen. Wakil Yunani itu menjadi satu-satunya kontestan penyisihan grup Liga Champions yang selalu kalah dalam enam pertandingan alias mengakhiri kompetisi tanpa poin.

Grup F

Lolos 16 Besar Liga Champions: Manchester City (juara grup), Lyon (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Shakhtar Donetsk
Tersingkir: Hoffenheim


Matchday terakhir berjalan cukup seru karena tiga kontestan punya peluang lolos mendampingi Manchester City yang sebelumnya telah memastikan lolos. Lyon yang kemudian beruntung mendapat tiket kedua ke babak 16 besar Liga Champions berkat hasil seri di kandang Shaktar. Sementara Shaktar kebagian tiket 32 besar Liga Europa. Laju Hoffenheim terhenti karena menjadi juru kunci grup.

Grup G

Lolos 16 Besar Liga Champions: Real Madrid (juara grup), AS Roma (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Viktoria Plzen
Tersingkir: CSKA Moskow


Matchday terakhir Grup G hanya menjadi penentuan siapa yang berhak atas tiket babak 32 besar Liga Europa. Pasalnya, Real Madrid dan AS Roma telah memastikan posisi juara grup dan runner up dan berhak atas tiket fase knock out.

Alhasil Real Madrid dan AS Roma yang tak lagi punya kepentingan menelan kekalahan di matchday terakhir. Lebih mengejutkan karena Madrid kalah telak tiga gol tanpa balas di Bernabeu saat menjamu CSKA Moskow. Namun CSKA tetap tersingkir karena kalah head-to-head dari Viktoria Plzen yang menekuk Roma di kandang.

Grup H

Lolos 16 Besar Liga Champions: Juventus (juara grup), Manchester United (runner-up)
Ke 32 besar Liga Europa: Valencia
Tersingkir: Young Boys


Pertandingan terakhir Grup H juga menjadi antiklimaks layaknya Grup G. Sebelum matchday terakhir dimainkan Juventus dan Manchester United sudah dipastikan lolos. Bahkan tiket ke babak 32 besar juga sudah pasti menjadi milik Valencia dan Young Boys dipastikan tersingkir. Hanya posisi juara grup saja yang masih bisa diperebutkan Juventus dan MU.


Namun baik Juventus maupun MU seperti tak terlalu berambisi memperebutkan status juara grup. Bahkan Young Boys yang belum merasakan kemenangan akhirnya bisa memetik poin dari Juventus yang akhirnya menjuarai grup.

Share on Google Plus

About Ant 365

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment